Where Is Happiness ?

Hallo 
Annyeonghaseo
Alloha
Sawadika
Assalamualaikum 
Hehe udah lengkapkah sapaan saya ? ini untuk sebagai sapaan awal saya Because I'm back nih muehehehe setelah sekian lama saya ngga pernah post apa-apa di blog ini sampe banyak banget lamat lancahnya (oke sundanya keluar). Oke back to square one, saya disini pengen ngebicarain tentang

HAPPINES [hap-ee-nis],tapi sebelum itu (adalagi aja curcol) sejujurnya saya udah dari lama pengen nulis kaya gini di blog, ngejelasin panjang lebar tentang pandangan saya tentang suatu subjek soalnya kadang pas saya mau nulis post kaya gini di status facebook atau line atau instagram kaya ngga layak aja, orang-orang yang ada di facebook atau line atau media sosial lainnya cenderung ngga mau baca postan yang panjang-panjang (termasuk saya) dan yang disayangkannya juga mungkin ngga akan terlalu dihargai, dan hal lain yang paling bikin saya ngga mau bikin postan di media sosial, adalah pemikiran saya itu hanya akan terkubur dengan postan saya yang ngga berarti kan sayang tulisan dari dalam hati (cielah) yang udah dengan susah payah, sampe panas dingin pas nulisnya kan kehargain sama diri saya sendiri. Okeee kayaknya curcolnya kepanjangan deh yuk ah cuss langsung ke topik utama.

Oke Happiness [hap-ee-nis] atau kebahagiaan, apa sih kebahagiaan itu ? tadi pas saya lagi nyari buat materi dapet quote keren nih
Aristotle stated that happiness (also being well and doing well) is the only thing that humans desire for its own sake, unlike riches, honor, health or friendship. He observed that men sought riches, or honor, or health not only for their own sake but also in order to be happy

Jadi kebahagiaan sebenernya kaya 'tujuan utama' kita untuk hidup karena bahkan ketika menginginkan sesuatu itu untuk membuat diri kita bahagia. Selanjutnya (ngga saya quote) aristotle bilang  kalau kebahagiaan itu adalah aktivitas, tapi saya lebih cenderung mengartikannya pada keadaan mental seseorang. dimana seseorang tersebut merasa puas dengan hidupnya, menikmati hidupnya, dan merasa hidupnya menyenangkan. Tapi walaupun merasa puas dengan hidupnya orang yang bahagia ini bukan berarti tidak ingin hal lain dalam hidupnya atau tidak ingin melakukan hal lain lagi tapi dia bisa mengatur mentalnya agar bisa berbahagia dengan apa yang dia miliki SELAGI dia mengusahakan apa yang dia inginkan inisih menurut saya ya.

Sebenernya sih baru akhir akhir ini juga saya berani mengutarakan tentang arti kebahagiaan karena sebelumnya sayapun tidak merasa begitu bahagia, dan saya ngga tau apa arti bahagia itu sendiri, bahkan sampai sekarangpun saya terkadang masih 'agak' mempertanyakannya tapi seiring berjalannya waktu saya menemukan kebahagiaan saya. Saya sering liat foto instagram temen-temen saya dan saya liat kok kayaknya bahagia banget ya, kumpul sama temen (atau pacar) atau sekedar foto mereka yang ngeliatin bahwa mereka bahagia, dan saya bertanya kok saya ngga bisa kaya mereka ya ? Gimana sih caranya mereka seasik itu sama temen temen mereka, berhubung saya orangnya agak(banyak sih) sedikit introvert jadi emang JUJUR sejujur jujurnya (belibet) saya ngga tau gimana mereka bisa sebahagia itu, karena yang saya rasain kalau saya sama temen temen, saya ngga sebahagia itu dan kadang jatohnya canggung. Jadi yah kalian tau sendiri kalau udah gitu lanjutnya iri, terus dengki dan hal-hal lainnya. Untungnya hal itu bisa saya stop sebelum sifat itu terbawa sampe dewasa dan ngakar, kan ribet ya kalau seumur-umur punya sifat iri, idupnya tiap hari cuman liatin orang lain, terus nantinya ngerendahin. Helloooo kalau kalian ada yang punya sifat gini, BANGUN DEH karena sifat iri ngga akan buat kalian bahagia, DIJAMIN. Saya udah bertahun tahun punya sifat ini(shame on me really) dan saya NGGA BAHAGIA SAMA SEKALI.

Terus gimana dong biar bahagia ? Nah ini juga yang saya pertanyakan (apalagi pas masuk SMA) sampai AKHIRNYA saya nemu akun youtub namanya Pk C. (ok don' judge me, ini akun emang akun gay dan saya emg fujoshi jadi ya...btw saya ngga akan ngasih link ke youtubenya takutnya kalian jadi fujoshi dan saya kecipratan juga dosanya, kalau mau cari aja ndiri ) pas lagi libur UN, mereka nih pasangan bahagia banget, seneng banget saya nontonnya soalnya mereka bener bener ngeliatin diri mereka yang sebenernya. Walaupun mereka ngga sekaya youtuber lain dan bahkan dibenci sama tetangga mereka sendiri mereka tetep bahagia dan ini yang buat saya awestruck  banget, kok bisa ya mereka tetep bahagia gitu walaupun mereka ngga punya barang barang mewah ? kok bisa ya mereka bahagia gitu walau yang nonton mereka ngga lebih dari 100rb view/video ? Kok bisa ya mereka tetep bahagia gitu ? dan akhirnya saya tau jawabannya pas mereka adain QnA gitu. Ada salah satu orang yang nanya 'kok kalian bisa bahagia terus sih ?' terus mereka jawb 'secara keseluruhan kita hanya memilih untuk bahagia' dan sekali lagi saya awestruck kawan-kawan, ini yang ngga saya sadari selama ini kalau saya ngga pernah MIMILIH untuk bahagia, saya ingin situasi yang membuat saya bahagia(banyak temen, jadi famous, pinter, kaya dll). Saya TIDAK PERNAH memilih untuk bahagia apapun situasinya, dan disinilah saya akhirnya menemukan arti kebahagiaan bagi saya sendiri
Kamu bisa bahagia apapun situasinya asalkan kamu MEMILIH untuk bahagia
Oke ini kayak bullshit banget ya. Maksud saya di situ adalah kalau kita dapet hal baik pasti bahagia kan ya bahkan terkadang ada aja yang ngga bahagia walaupun udah dapet banyak hal apalagi yang ngga punya apa-apa nah disini kita bisa BAHAGIA bahkan pada saat kita KAYAK ngga punya apa apa. Lah kok gimana caranya ? Lakukanlah aktifitas yang membuat kamu bahagia, ingat yang membuat KAMU BAHAGIA, bukan yang kamu lihat ORANG LAIN BAHAGIA ketika melakukannya. Karena setiap orang beda, saya ngga begitu bahagia saat saya kumpul bareng temen karena saya introvert tapi saya bahagia saat saya sedang sendiri (oke ini freak gue tau) dan mengutarakan opini saya. Kedua JANGAN LIHAT ORANG LAIN dan JANGAN MEMBANDINGKAN kita semua unik, kita semua beda ngga ada orang yang punya kepribadian sama di dunia ini dan rezeki kita beda-beda jadi jangan membandingkan diri kita dengan orang lain dalam aspek APAPUN, harta, cantik, pinter, kepribadian dan lain sebagainya. Oke mungkin kalau liat liat aja boleh lah tapi jangan sampai kamu merendahkan diri kamu sendiri dan akhirnya menginginkan kehidupan orang lain JANGAN karena kalau udah kaya gitu kalian ngga akan bahagia dengan hidup kalian, karena kalian selalu menginginkan hidup orang lain dan merasa hidup kalian bukan apa-apa SAMBIL TIDAK MELAKUKAN APA-APA sama sekali. Kalau udah gitu pada akhirnya kalian hanya akan jatuh pada sifat iri, dengki dan kawan kawannya. Tapi jujur sih emang susah ngga liat ke orang lain, terus gimana dong ? yah atur atur emosi. Kalau kalian liat orang lain punya apa yang kalian ngga punya dan kalian pengen, cobalah meraihnya sebisa kalian tapi hargai juga hidup yang kalian punya, kalau gitu kalian akan mengubah apa yang kalian pengen dari hidup orang lain jadi versi kalin sendiri. Contoh saya liat ada yang gayanya keren di instagram, siapa sih yang ngga mau keren nah tapi bajunya bukan gaya saya, nah karena saya pengen keren kaya orang itu jadi saya cari baju yang MENURUT SAYA keren, lah kalau menurut orang ngga keren nggapapa, saya yang make kalau menurut saya udah keren sekalipun kata orang ngga, saya tetep BAHAGIA makenya karena ini pilihan saya dan walaupun ada yang lebih keren dari saya, saya ngga masalah, karena ini pilihan saya.

Tips selanjutnya biar bahagia adalah BE YOURSELF, yah ini inti dari pargraf sebelumnya sih jadi diri kamu sendiri. Hargai diri kita sendiri, cintai diri kita sendiri and be kind to yourself. Kamu akan lebih bahagia menjadi diri kamu sendiri, gimana caranya ? ya diparagraf sebelumnya itu adalah caranya. Satu hal yang pengen saya bilang ke kalian yang mungkin agak introvert dan agak takut memperlihatkan siapa diri kalian
Jadilah diri kamu sendiri, jangan takut akan ada yang menghujatmu. Karena apapun yang kamu lakukan PASTI ADA yang tidak suka dan menghujat, jadi lebih baik menjadi diri sendiri. Hidup terlalu berharga dihabiskan untuk menjadi orang lain. 
 Katakanlah F*ck you (oke jgn diucapin beneran, ini cuman perumpamaan) dan jadilah diri sendiri, dengan begitu kalian akan lebih bahagia, dan hal-hal yang kalian dapatkan dalam hidup adalah hal yang benar benar membuat kalian bahagia. Oh iya ini quote dari Ali bin Abi thalib, yang keren ajiiib
Tidak usah menjelaskan dirimu ke orang lain, karena orang yang membencimu tidak akan mendengarkan dan orang yang mencintaimu tidak membutuhkannya
itu ngga nyambung tapi pengen saya tulis aja muehehe. Oh iya terakhir yang PALING PENTING adalah jangan lupa BERSYUKUR hehe, hidup itu  sendiri adalah anugrah dari Allah swt kawan jadi mari syukuri. oh iya satu lagi (bener satu lagi ini), nggapapa kalau hidup kalian ngga selalu bahagia walaupun kalian sudah MEMILIH membuat diri kalian bahagia, karena saya dapet quote yang keren banget ini (dari wikipedia btw wkwkw) yang intinya kalau ngga ada ngga bahagia ngga akan ada bahagia
Nietzsche instead wants us to consider the value of what is difficult, what can only be earned through struggle, difficulty, pain and thus to come to see the affirmative value suffering and unhappiness truly play in creating everything of great worth in life, including all the highest achievements of human culture
 All in all saya juga belum expert dalam hal ini, saya juga masih berjuang untuk membuat diri saya sendiri puas dan bahagia dengan hidup saya, tapi saya harap secuil pandangan dan saran dari saya ini akan berguna bagi kalian yang merasakan hal yang sama kaya saya.

Annyeong higaseyo
Wassalamualaikum



Oke segitu aja deh muehehe udah panjang banget. Saya juga sadar ini tulisan mix banget ya mehehe ada unsur agamanya tapi juga unsur fujoshinya. Maaf ya saya belum menjadi Muslim yang sempurna. Oh iya ini dia si Pk C(btw itu C tuh ada kepanjangannya)
Bye
Daftar pustaka
https://en.wikipedia.org/wiki/Happiness
http://www.schoolsplus.co.uk/harrisbromley/2017/05/03/happiness/ (ngga ngerti knp alamat gambarnya disitu tp di blognya ngga ada gambarnya)
gambar PK C dari twitternya dia

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ambitious

Living your Life